Salah satu topik
bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang
tidak akan pernah terlepas dari yang namanya kata pemasaran, baik itu saat
belajar di bangku sekolah, atau ketika kita akhirnya berkecimpung ke dunia
bisnis. Bagi Anda yang berkecimpung dalam bisnis perdagangan, tentunya Anda
harus memahami dengan benar apa itu pemasaran. Sebab, hanya dengan memahami
pemasaran barulah Anda bisa mempraktekkan kiat-kiat untuk melakukan pemasaran
yang sukses. Dari tahun ke tahun dunia bisnis selalu mengalami perkembangan dan
kemajuan, hal tersebutlah yang menjadi salah satu factor adanya globalisasi
atau pasar bebas.

Globalisasi
atau pasar bebas (free trade) merupakan suatu fakta yang harus dihadapi
oleh seluruh negara di dunia. Dengan adanya pasar bebas, berbagai hambatan
terhadap kegiatan-kegiatan bisnis dihapuskan atau dikurangi, baik itu hambatan
tarif maupun non tarif. Hambatan tarif yang dimaksud seperti pajak bea cukai,
pajak barang mewah, pajak ekspor impor, dan sebagainya, sedangkan hambatan non
tarif seperti syarat-syarat yang dibutuhkan dalam ekspor-impor barang, serta
kebijakan-kebijakan yang dimiliki suatu negara. Menghadapi kondisi ini, banyak
negara-negara yang berbenah diri untuk melakukan persiapan, agar dengan adanya
pasar bebas ini bukannya menurunkan perekonomian serta kemajuan negara
tersebut, namun meningkatkannya.
Pada jaman dahulu, ada negara-negara
yang bersifat tertutup, dimana mereka membatasi kegiatan ekspor impor mereka,
dimana tujuannya yaitu untuk meningkatkan penjualan barang-barang lokal.
Berkebalikan dengan hal tersebut, ada juga negara-negara yang bersifat
konsumtif, dimana mereka lebih banyak melakukan ekspor barang daripada
mengelola barang lokal. Ternyata dari dua konsep tersebut, kedua-duanya
tidaklah efektif. Disatu sisi, negar tertutup tersebut, dikarenakan hanya ada
barang-barang lokal di dalam negera tersebut, menyebabkan para pelaku usaha
baik perseorangan, badan hukum atau non hukum, akan menjadi tidak kompetitif,
manja serta tidak adanya kemajuan akan kualitas lokal karenakan kurangnya
persaingan dengan barang-barang yang dihasilkan oleh negara lain. Negara yang
konsumtif pun demikian, pelaku usahanya akan tidak maju, karena hanya mengkonsumsi
hasil dari produksi negara lain dan pastinya perekonomiannya tidak stabil
dikarenakan pelaku usaha lokalnya tidak maksimal dalam melakukan kegiatan
bisnis. Akan keadaan demikian, timbullah pemikiran untuk mengadakan pasar
bebas, dimana setiap negara memiliki hak yang sama untuk menjadi produsen
ataupun konsumen dari suatu perdagangan. Namun adanya pasar bebas ini sudah
pasti akan menimbulkan persaingan antara perdagangan negara satu dengan yang
lainnya.
Globalisasi menjadi
sebuah tantangan bagi semua perusahaan yang ingin masuk ke pasar global. Karena
dengan adanya globalisasi, perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi
pemasaran global sehingga akan berdampak pada keunggulan bersaing di pasar
lokal, yaitu pasar tempat produk perusahaan dipasarkan. Namun demikian, setiap
negara memiliki karakteristik yang beragam sehingga perusahaan harus pula
mengamati permintaan pasar lokal terhadap produk yang dijual. Dengan adanya
permintaan yang memiliki karakteristik berbeda, maka penerapan strategi
pemasaran global yang sesuai dengan kondisi pasar diperlukan. Pendekatan
strategi ini dikenal dengan adaptation marketing strategy.
Terkait dengan
globalisasi tersebut, permasalahan yang muncul adalah banyak perusahaan Indonesia
yang belum cukup mampu menghadapi persaingan di pasar global. Pada akhirnya,
Indonesia hanya dijadikan target pasar bagi perusahaan-perusahaan asing. Globalisasi
membuat manusia untuk bergerak lebih cepat dalam beberapa bidang contohnya
seperti bidang teknologi. Teknologi mulai muncul dengan bentuk dan fasilitas
yang bervariasi seperti apple dan Samsung yang semakin canggih, karena banyak
manusia yang menggunakannya untuk aktifitas keseharian, sebagai alat komunikasi
yang mudah digenggam dan lain-lain. Perkembangan teknologi tidak hanya
ditemukan di alat komunikasi saja, bahkan ditemukan pada transportasi. Otomotif
yang semakin canggih kegunaannya, atau bahkan transportasi umum yang begitu
canggih hinggga dapat mendeteksi manusia. Sebagai salah satu contoh pasar
otomotif yaitu semua industri otomotif kelas dunia telah hadir di Indonesia dan
menikmati keuntungan yang besar. Demikian halnya dengan pasar elektronik telah
dikuasai perusahaan asal Jepang, Korea, dan Cina. Perkembangan teknologi ini
juga membuat para produsen untuk mengembangkan produk-produk yang dapat
dihasilkan bahkan disisi buruknya, merusak alam dengan kecanggihan teknologi
pada era ini. Hal ini dapat memengaruhi banyak negara bahkan secara keseluruhan
dapat menyebabkan dampak-dampak tertentu. Untuk bersaing di era globalisasi
ini, hanya satu hal yang dapat membuat diri kita untuk tetap bersaing dan makin
meninggi tingkatnya.

Contohnya pada gadget
yang digunakan sehari-hari, semenjak munculnya smatphone seperti iPhone 7 dan 7
plus atau juga Samsung S7, banyak pengguna alat elektronik yang mulai bersaing
untuk membeli benda tersebut, namun karena harga yang begitu tinggi, banyak
orang tidak dapat bersaing. Tetapi pada era ini pengguna smartphone atau alat
telepon genggam kini mencapai hingga 76% secara dunia atau kurang lebih 574
juta jiwa. Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna smartphone
terbanyak, menurut google pada tahun 2014, Indonesia memiliki sebanyak 96%
penduduk yang memiliki smartphone pribadinya. Walaupun Indonesia adalah salah
satu negara berkembang, dapat dilihat bahwa banyak masyarakat yang mampu
membeli smartphone.

Coba perhatikan barang-barang disekitar kita, seperti
kulkas, televisi, motor atau handphone. Coba perhatikan
darimana barang-barang tersebut dibuat? Apakah semuanya dari Indonesia? Pasti
tidak, pasti ada yang dibuat di Jepang, Amerika, atau bahkan Tiongkok?
Barang-barang tersebut bisa ada dirumah kamu berkat adanya kerjasama ekonomi
internasional. Apa itu kerjasama ekonomi internasional? Dalam definisinya kerja
sama ekonomi internasional merupakan suatu kerja sama dalam bidang ekonomi yang
dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang saling menguntungkan. Kerja
sama ini dapat melibatkan dua negara saja maupun lebih. Kerjasama ekonomi
internasional ini memiliki dampak yang sangat penting bagi kemajuan negara.
Bayangin deh kalau Indonesia menutup diri mungkin kamu tidak bisa memegang
handphone atau komputer sekarang?
Dengan saling bekerjasama, berorganisasi antar negara
dapat menciptakan iklim kerjasama ekonomi antar negara lho, dengan begitu dapat
mempercepat pertumbuhan dan kestabilan ekonomi negara tersebut. Manfaat
kerjasama ekonomi internasional tidak hanya sebatas itu saja, ternyata ada
manfaat lainnya seperti meningkatkan pendapatan negara, menjaga kestabilan
harga dalam negeri, memperluas ketersediaan lapangan kerja dan mempercepat
pembangunan nasional. Sebelum melakukan Kerjasama antar negara, kita harus tau
lingkungan pemasaran yang akan kita tuju agar dapat menyesuaikan pemasaran yang
akan diberikan dengan permintaan pasar sesuai dengan tempat yang akan dituju.
Ada sejumlah konsep kunci yang membantu para pemasar untuk merealisasikan potensi pasar global, terutama konsep strategi yang mengidentifikasi tiga elemen kunci strategi yaitu: Lingkungan, organisasi dan nilai pihak yang berkepetingan dalam organisasi. Karakteristik utama dari dunia pemasar global adalah keanekaragaman lingkungan pemasaran tempat mereka bekerja. Lingkungan ekonomi merupakan penentu utama dari potensi dan peluang pasar, karena indikator potensi pasar yang terpenting adalah pendapatan perkapita. Pada umunya kalau pendapatan meningkat, konsumen akan membelanjakan lebih banyak untuk barang-barang menurut seleranya.
a)
Lingkungan
ekonomi internasional
Pada
dasarnya lingkungan ekonomi dapat ditinjau dari dua sudut pandang, yaitu sudut
ekonomi mikro dan ekonomi makro, sudut makro berkaitan dengan kebutuhan dan
keinginan masyarakat serta kebijakan ekonomi suatu negara untuk membentuk
cakupan pasar dan pandangan ekonomi. Sedangkan sudut mikro lebih fokus pada
kemampuan sebuah perusahaan untuk bersaing dalam pasar tertentu. Informasi
lingkungan makro yang dibutuhkan untuk memasuki suatu negara di antaranya,
karakteristik pasar yaitu: Pertumbuhan, distribusi populasi dan pendapatan,
neraca pembayaran, pola perdagangan barang dan jasa, pola konsumsi dan
perkembangan pasar. Sementara lingkungan mikro ekonomi merupakan lingkungan
yang mempengaruhi produk dan pasar sebuah perusahaan.
b)
Lingkungan
politik internasional
Perusahaan
global dipengaruhi oleh lingkungan politik asal dari negara tujuan
pemasarannya. Lingkungan politik yang paling ideal bagi perusahaan global
adalah pemerintahan yang stabil. Perubahan politik bisa terjadi yang disebabkan
oleh perubahan radikal dalam pemerintahan, sehingga perusahaan global harus
memiliki dan mengantisipasi setiap risiko politik yang dapat mempengaruhi
kelangsungan bisnis Pada umumnya pemerintah setiap negara berusaha menciptakan
lingkungan yang kondusif di dalam negeri agar bisnis domestiknya dapat
berkembang, upaya yang dilakukan dengan mengurangi hambatan perdagangan untuk
menarik investasi asing dan upaya mendorong peningkatan kemampuan ekspor
c) Lingkungan budaya internasional

Setiap interaksi orang di dunia mencerminkan
kepribadian yang unik dengan kekuatan budaya dan lingkungan kolektif, tempat
dia dibesarkan dan memperoleh pengalaman hidup. Individu-individu dan budaya di
dunia ini ditandai dengan perbedaan dan persamaan, tugas pemasaran dan
perbedaan serta memasukkan persepsi ini ke dalam proses pemasaran, sehingga
strategi, produk dan program pemasaran disesuaikan dengan perbedaan yang
signifikan dan penting. Di saat yang bersamaan pemasar global juga
memperhatikan persamaan yang relevan serta menghindari penyesuaian yang tidak
perlu dan mahal dalam program pemasaran. Budaya merupakan pengaruh yang mudah
menyebarkan dan berubah pada setiap lingkungan pasar nasional. Pemasar
Internasional harus mengetahui pengaruh dari budaya dan harus menyiapkan diri
untuk menjawab tantangan itu atau mengubahnya. Pemasar Internasional memiliki
peran penting dalam menentukan untuk mempengaruhi kecepatan tingkat perubahan
di seluruh dunia.
d) Lingkungan IPTEK internasional
Globalisasi membuat manusia untuk bergerak lebih cepat
dalam beberapa bidang contohnya seperti bidang teknologi. Teknologi mulai
muncul dengan bentuk dan fasilitas yang bervariasi seperti apple dan Samsung
yang semakin canggih, karena banyak manusia yang menggunakannya untuk aktifitas
keseharian, sebagai alat komunikasi yang mudah digenggam dan lain-lain.
Perkembangan teknologi tidak hanya ditemukan di alat komunikasi saja, bahkan
ditemukan pada transportasi. Otomotif yang semakin canggih kegunaannya, atau
bahkan transportasi umum yang begitu canggih hinggga dapat mendeteksi manusia.
Perkembangan teknologi ini juga membuat para produsen untuk mengembangkan
produk-produk yang dapat dihasilkan bahkan disisi buruknya, merusak alam dengan
kecanggihan teknologi pada era ini. Hal ini dapat memengaruhi banyak negara
bahkan secara keseluruhan dapat menyebabkan dampak-dampak tertentu.

Setelah
mengetahui lingkungan pasar dari negara yang akan dituju maka kita bisa mulai
menetukan strategi masuk pasar asing. Banyak pebisnis tentunya ingin produk
atau brand asli Indonesia memasuki pasar internasional. Tentu pelaku bisnis
yang berpengalaman akan memperluas cakupan pasar dan koneksinya secara
internasional, makin besar cakupan pemasaran semakin baik. Memasuki pasar
dengan jangkauan internasional memang tidaklah mudah, selain banyaknya
kompetitor, jangakauan konsumen yang terlalu luas membuat Anda harus memastikan
target pasar Anda sebenarnya. namun bukan berarti tidak mungkin. Pasar global
masih memiliki potensi yang sangat baik bagi Anda untuk memasarkan produk atau
layanan Anda. Pastikan Anda memanfaatkan seluruh potensi ini dengan strategi
yang matang dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Berikut adalah beberapa cara yang harus
dilakukan pebisnis untuk bertahan dan memasuki pasar global dengan performa
yang baik.
a) Pelajari
regulasi dan persyaratan
b)
Melakukan
riset untuk pasar baru
c)
Buat
rencana yang matang
d)
Memilih
cara penetrasi pasar yang tepat
Strategi Produk Skincare Local “SOMETHINC” Mampu
Menempus Pasar Internasional
Sebuah merek bisa menembus pasar internasional
meskipun merek tersebut terhitung baru. Hal ini yang sedang diupayakan oleh
merek kecantikan Somethinc. Keinginan
Somethinc masuk pasar internasional karena sudah yakin dengan kualitas produknya.
Irene pemilik brand somethinc mengatakan, masyarakat Indonesia jangan
meremehkan merek lokal dan tidak terlalu membanggakan merek asing. Yang
membanggakan lagi, tahun 2020 ini Somethinc pun memulai debut go international
dengan membuka website sendiri serta menyediakan free shipping ke seluruh
negara. Beberapa waktu lalu Katadata merilis top 50 brand Indonesia tahun 2020.
Pemeringkatan merek berdasarkan survei tersebut cukup menyita perhatian, karena
merek Somethinc yang baru berumur satu tahun masuk dalam jajaran top 50 brand.

Setelah mampu memasuki pasar asing,
tahap selanjutnya yang harus dilakukan suatu perusahaan adalah melakukan
standarisasi dan adaptasi produk disuatu wilayah atau negara yang akan dituju. Kebijakan standarisasi produk dapat dilakukan
oleh perusahaan berkenaan dengan adanya kesempatan dan menurunnya hambatan
perdagangan di tingkat dunia. Selain itu standarisasi produk bisa juga
disebabkan karena adanya kesamaan kebutuhan dan kesamaan selera konsumen yang
semakin meningkat. Walaupun sifat produk seperti barang konsumen tahan lama
(misalnya TV, kamera, VCR, mobil dsb) memiliki peluang lebih baik di
standarisasi dibandingkan barang tidak tahan lama (produk segar hortikultura,
makanan, minuman, barang-barang kebutuhan pribadi, pembersih rumah tangga dan
konveksi) secara tradisional belum merupakan calon yang baik untuk
standarisasi. Namun adanya selera konsumen yang seragam di banyak negara maka
produk konsumen tidak tahan lama tersebut juga dapat distandarisasi. Biasanya
menurunnya hambatan perdagangan internasional lebih disukai oleh banyak
perusahaan atau pelaku usaha dalam menerapkan strategi pemasaran
terstandarisasi. Hal ini disebabkan adanya pengaruh dari media massa, khususnya
televisi dalam menayangkan atau melakukan siaran langsung program-program yang
sama secara terus menerus tanpa melihat kebangsaan konsumen, siaran tersebut
akan mempengaruhi keinginan konsumen terhadap jenis produk yang sama dan
memiliki gaya hidup yang pada dasarnya sama. Dengan demikian pemilihan
kebijakan standarisasi produk dapat juga dipengaruhi oleh faktor perkembangan
komunikasi internasional yang semakin maju dan meningkatnya tekanan biaya.
Sedangkan kebijakan adaptasi umumnya
dipengaruhi oleh lokalisasi atau lingkungan nasionalnya. Pemilihan kebijakan
adaptasi didasarkan pada kaidah bahwa produk harus disesuaikan dengan kebutuhan
dan keinginan negara yang bersangkutan karena perbedaan lingkungan, khususnya
budaya. Contoh desain kemasan produk minuman sari buah untuk orang Indonesia
berbeda dibandingkan untuk orang Singapura. Dengan demikian adaptasi
spesifikasi produk dapat menyangkut perubahan pada produk dan kemasan di setiap
negara. Keuntungan pemilihan kebijakan adaptasi produk dapat membuat produk
lebih menarik untuk konsumen lokal, namun perubahan-perubahan itu umumnya akan
mendorong biaya variabel yang lebih tinggi. Pada beberapa perusahaan kedua
kebijakan di atas tidak diterapkan secara dikotomis, melainkan ada tingkat
standarisasi sebagaimana adapula tingkat adaptasinya. Yang penting adalah
orientasi global dari manajemen yang tercermin dalam rencana pemasaran yang
menekankan standarisasi sepanjang hal itu efisien dalam biaya dan diterima
secara budaya.

Contoh
standarisasi dan adaptasi produk di suatu negara yaitu menu Mcd di Thailand.
Menu MCD yang ada di Thailand memiliki perbedaan dibandingkan dengan MCD yang
ada di Indonesia maupun di negara lain. Di MCD Thailand disediakan menu nasi
kaprao yang hanya tersedia di negara Thailand saja. Nasi kaprao atau biasa
disebut Phat Kaprao adalah salah satu hidangan Thailand yang paling populer.
Phat Kaprao dimasukkan sebagai bagian dari mandat budaya Thailand oleh Perdana
Menteri semasa Perang Dunia II. Phat Kaprao, adalah salah satu hidangan yang
digalakkan dalam pertandingan makanan Thai tempatan. Phat kaprao terdiri
daripada daging seperti daging babi, ayam, daging lembu, dan makanan laut yang
digoreng dengan daun kemangi dan bawang putih. Ia dihidangkan dengan nasi dan
telur goreng atau khai dao. Bahan utama adalah kicap, saos ikan Thai, saos
tiram (pilihan), gula, dan cili padi.
Keberhasilan produk Indonesia dalam menaklukan pasar internasional sudah tidak diragukan lagi, banyak produk produk yang mampu menembus pasar internasional. Belakangan ini bisnis fashion muslim di Indonesia
terus berkembang. Bahkan tak sedikit merek-merek lokal Indonesia yang mulai
melakukan ekspansi bisnis ke pasar global dan berusaha menjadikan Indonesia
sebagai kiblat tren fashion muslim dunia. Harapan ini tentu harus diiringi
dengan strategi menembus pasar internasional yang tidak sembarangan. Buttonscarves
merupakan salah satu merek lokal Indonesia yang berhasil menembus pasar
internasional yang mengusung luxurious lifestyle product dengan produk utama
scarf (kerudung). Berdiri di tahun 2016, Buttonscarves mengawali bisnisnya
dengan menjual produk secara online melalui situs buttonscarves.com. Peluncuran
produk-produk Buttonscarves ini disambut baik oleh pasar Indonesia dan terus
berkembang hingga kini.

Banyaknya
permintaan juga membuat Buttonscarves memutuskan untuk membuka toko fisik dan mengekspansi
bisnisnya ke luar negeri. Hingga saat ini Buttonscarves telah melakukan ekspor
produknya ke negara-negara besar seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei
Darussalam. Buttonscarves tidak dapat berkembang sampai seperti sekarang tanpa
keyakinan pemilik bisnis. Linda Anggreaningsih sebagai pemilik bisnis
Buttonscarves percaya bahwa Indonesia memiliki potensi yang baik di pasar
fashion muslim internasional. Tidak hanya itu, keberhasilan bisnis
Buttonscarves juga didukung dengan strategi pasar internasional yang baik. Di
bawah ini adalah beberapa strategi pasar yang dilakukan Linda dalam
mengembangkan bisnisnya untuk menembus pasar internasional.
a) Melakukan
analisis pasar
b) Membuat
produk universal
c) Up-to-date
dengan segala perubahan
d) Produk
focus pada DNA merek
e) Free
shipping
f) KOL
shipping
g) Mengelola
keungan bisnis
Selain
fashion, ada juga salah satu industry jamu yang bisa menyentuh pasar internasonal yaitu SIDOMUNCUL. Perusahaan yang
bermula dari industri jamu rumahan di Semarang pada tahun 1951 ini telah menyentuh
pasar ASEAN, Hong Kong, Timur Tengah, Australia, Eropa, bahkan Afrika. Sido
Muncul membawa 250 produk unggulan ke pasar global, dan berhasil menjadi merk
yang begitu dikenal oleh masyarakat global. Perusahaan ini mengalami proses
yang panjang dalam melakukan ekspansi pasar, yang mana negara-negara lain masih
memandang sebelah mata dengan kehadiran obat herbal. Namun tantangan ini bisa
dikelola dengan membangun pabrik dengan standar internasional untuk food
suplement dan Sido Muncul melakukan ekspansi melalui kategori tersebut.
bagus seklai artikel tersebut. tetap lanjutkan
BalasHapus