Eskalasi Usaha Mondial

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari yang namanya kata pemasaran, baik itu saat belajar di bangku sekolah, atau ketika kita akhirnya berkecimpung ke dunia bisnis. Bagi Anda yang berkecimpung dalam bisnis perdagangan, tentunya Anda harus memahami dengan benar apa itu pemasaran. Sebab, hanya dengan memahami pemasaran barulah Anda bisa mempraktekkan kiat-kiat untuk melakukan pemasaran yang sukses. Dari tahun ke tahun dunia bisnis selalu mengalami perkembangan dan kemajuan, hal tersebutlah yang menjadi salah satu factor adanya globalisasi atau pasar bebas.

            Globalisasi atau pasar bebas (free trade) merupakan suatu fakta yang harus dihadapi oleh seluruh negara di dunia. Dengan adanya pasar bebas, berbagai hambatan terhadap kegiatan-kegiatan bisnis dihapuskan atau dikurangi, baik itu hambatan tarif maupun non tarif. Hambatan tarif yang dimaksud seperti pajak bea cukai, pajak barang mewah, pajak ekspor impor, dan sebagainya, sedangkan hambatan non tarif seperti syarat-syarat yang dibutuhkan dalam ekspor-impor barang, serta kebijakan-kebijakan yang dimiliki suatu negara. Menghadapi kondisi ini, banyak negara-negara yang berbenah diri untuk melakukan persiapan, agar dengan adanya pasar bebas ini bukannya menurunkan perekonomian serta kemajuan negara tersebut, namun meningkatkannya.

            Pada jaman dahulu, ada negara-negara yang bersifat tertutup, dimana mereka membatasi kegiatan ekspor impor mereka, dimana tujuannya yaitu untuk meningkatkan penjualan barang-barang lokal. Berkebalikan dengan hal tersebut, ada juga negara-negara yang bersifat konsumtif, dimana mereka lebih banyak melakukan ekspor barang daripada mengelola barang lokal. Ternyata dari dua konsep tersebut, kedua-duanya tidaklah efektif. Disatu sisi, negar tertutup tersebut, dikarenakan hanya ada barang-barang lokal di dalam negera tersebut, menyebabkan para pelaku usaha baik perseorangan, badan hukum atau non hukum, akan menjadi tidak kompetitif, manja serta tidak adanya kemajuan akan kualitas lokal karenakan kurangnya persaingan dengan barang-barang yang dihasilkan oleh negara lain. Negara yang konsumtif pun demikian, pelaku usahanya akan tidak maju, karena hanya mengkonsumsi hasil dari produksi negara lain dan pastinya perekonomiannya tidak stabil dikarenakan pelaku usaha lokalnya tidak maksimal dalam melakukan kegiatan bisnis. Akan keadaan demikian, timbullah pemikiran untuk mengadakan pasar bebas, dimana setiap negara memiliki hak yang sama untuk menjadi produsen ataupun konsumen dari suatu perdagangan. Namun adanya pasar bebas ini sudah pasti akan menimbulkan persaingan antara perdagangan negara satu dengan yang lainnya.

    Globalisasi menjadi sebuah tantangan bagi semua perusahaan yang ingin masuk ke pasar global. Karena dengan adanya globalisasi, perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi pemasaran global sehingga akan berdampak pada keunggulan bersaing di pasar lokal, yaitu pasar tempat produk perusahaan dipasarkan. Namun demikian, setiap negara memiliki karakteristik yang beragam sehingga perusahaan harus pula mengamati permintaan pasar lokal terhadap produk yang dijual. Dengan adanya permintaan yang memiliki karakteristik berbeda, maka penerapan strategi pemasaran global yang sesuai dengan kondisi pasar diperlukan. Pendekatan strategi ini dikenal dengan adaptation marketing strategy.

Terkait dengan globalisasi tersebut, permasalahan yang muncul adalah banyak perusahaan Indonesia yang belum cukup mampu menghadapi persaingan di pasar global. Pada akhirnya, Indonesia hanya dijadikan target pasar bagi perusahaan-perusahaan asing. Globalisasi membuat manusia untuk bergerak lebih cepat dalam beberapa bidang contohnya seperti bidang teknologi. Teknologi mulai muncul dengan bentuk dan fasilitas yang bervariasi seperti apple dan Samsung yang semakin canggih, karena banyak manusia yang menggunakannya untuk aktifitas keseharian, sebagai alat komunikasi yang mudah digenggam dan lain-lain. Perkembangan teknologi tidak hanya ditemukan di alat komunikasi saja, bahkan ditemukan pada transportasi. Otomotif yang semakin canggih kegunaannya, atau bahkan transportasi umum yang begitu canggih hinggga dapat mendeteksi manusia. Sebagai salah satu contoh pasar otomotif yaitu semua industri otomotif kelas dunia telah hadir di Indonesia dan menikmati keuntungan yang besar. Demikian halnya dengan pasar elektronik telah dikuasai perusahaan asal Jepang, Korea, dan Cina. Perkembangan teknologi ini juga membuat para produsen untuk mengembangkan produk-produk yang dapat dihasilkan bahkan disisi buruknya, merusak alam dengan kecanggihan teknologi pada era ini. Hal ini dapat memengaruhi banyak negara bahkan secara keseluruhan dapat menyebabkan dampak-dampak tertentu. Untuk bersaing di era globalisasi ini, hanya satu hal yang dapat membuat diri kita untuk tetap bersaing dan makin meninggi tingkatnya.

        Contohnya pada gadget yang digunakan sehari-hari, semenjak munculnya smatphone seperti iPhone 7 dan 7 plus atau juga Samsung S7, banyak pengguna alat elektronik yang mulai bersaing untuk membeli benda tersebut, namun karena harga yang begitu tinggi, banyak orang tidak dapat bersaing. Tetapi pada era ini pengguna smartphone atau alat telepon genggam kini mencapai hingga 76% secara dunia atau kurang lebih 574 juta jiwa. Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna smartphone terbanyak, menurut google pada tahun 2014, Indonesia memiliki sebanyak 96% penduduk yang memiliki smartphone pribadinya. Walaupun Indonesia adalah salah satu negara berkembang, dapat dilihat bahwa banyak masyarakat yang mampu membeli smartphone.

          Coba perhatikan barang-barang disekitar kita, seperti kulkas, televisi, motor atau handphone. Coba perhatikan darimana barang-barang tersebut dibuat? Apakah semuanya dari Indonesia? Pasti tidak, pasti ada yang dibuat di Jepang, Amerika, atau bahkan Tiongkok? Barang-barang tersebut bisa ada dirumah kamu berkat adanya kerjasama ekonomi internasional. Apa itu kerjasama ekonomi internasional? Dalam definisinya kerja sama ekonomi internasional merupakan suatu kerja sama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang saling menguntungkan. Kerja sama ini dapat melibatkan dua negara saja maupun lebih. Kerjasama ekonomi internasional ini memiliki dampak yang sangat penting bagi kemajuan negara. Bayangin deh kalau Indonesia menutup diri mungkin kamu tidak bisa memegang handphone atau komputer sekarang?

Dengan saling bekerjasama, berorganisasi antar negara dapat menciptakan iklim kerjasama ekonomi antar negara lho, dengan begitu dapat mempercepat pertumbuhan dan kestabilan ekonomi negara tersebut. Manfaat kerjasama ekonomi internasional tidak hanya sebatas itu saja, ternyata ada manfaat lainnya seperti meningkatkan pendapatan negara, menjaga kestabilan harga dalam negeri, memperluas ketersediaan lapangan kerja dan mempercepat pembangunan nasional. Sebelum melakukan Kerjasama antar negara, kita harus tau lingkungan pemasaran yang akan kita tuju agar dapat menyesuaikan pemasaran yang akan diberikan dengan permintaan pasar sesuai dengan tempat yang akan dituju.

Ada sejumlah konsep kunci yang membantu para pemasar untuk merealisasikan potensi pasar global, terutama konsep strategi yang mengidentifikasi tiga elemen kunci strategi yaitu: Lingkungan, organisasi dan nilai pihak yang berkepetingan dalam organisasi. Karakteristik  utama dari dunia pemasar global adalah keanekaragaman lingkungan pemasaran tempat mereka bekerja. Lingkungan ekonomi merupakan penentu utama dari potensi dan peluang pasar, karena indikator potensi pasar yang terpenting adalah pendapatan perkapita. Pada umunya kalau pendapatan meningkat, konsumen akan membelanjakan lebih banyak untuk barang-barang menurut seleranya.

a)      Lingkungan ekonomi internasional

        Pada dasarnya lingkungan ekonomi dapat ditinjau dari dua sudut pandang, yaitu sudut ekonomi mikro dan ekonomi makro, sudut makro berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat serta kebijakan ekonomi suatu negara untuk membentuk cakupan pasar dan pandangan ekonomi. Sedangkan sudut mikro lebih fokus pada kemampuan sebuah perusahaan untuk bersaing dalam pasar tertentu. Informasi lingkungan makro yang dibutuhkan untuk memasuki suatu negara di antaranya, karakteristik pasar yaitu: Pertumbuhan, distribusi populasi dan pendapatan, neraca pembayaran, pola perdagangan barang dan jasa, pola konsumsi dan perkembangan pasar. Sementara lingkungan mikro ekonomi merupakan lingkungan yang mempengaruhi produk dan pasar sebuah perusahaan.

b)      Lingkungan politik internasional

        Perusahaan global dipengaruhi oleh lingkungan politik asal dari negara tujuan pemasarannya. Lingkungan politik yang paling ideal bagi perusahaan global adalah pemerintahan yang stabil. Perubahan politik bisa terjadi yang disebabkan oleh perubahan radikal dalam pemerintahan, sehingga perusahaan global harus memiliki dan mengantisipasi setiap risiko politik yang dapat mempengaruhi kelangsungan bisnis Pada umumnya pemerintah setiap negara berusaha menciptakan lingkungan yang kondusif di dalam negeri agar bisnis domestiknya dapat berkembang, upaya yang dilakukan dengan mengurangi hambatan perdagangan untuk menarik investasi asing dan upaya mendorong peningkatan kemampuan ekspor

c)      Lingkungan budaya internasional

        Setiap interaksi orang di dunia mencerminkan kepribadian yang unik dengan kekuatan budaya dan lingkungan kolektif, tempat dia dibesarkan dan memperoleh pengalaman hidup. Individu-individu dan budaya di dunia ini ditandai dengan perbedaan dan persamaan, tugas pemasaran dan perbedaan serta memasukkan persepsi ini ke dalam proses pemasaran, sehingga strategi, produk dan program pemasaran disesuaikan dengan perbedaan yang signifikan dan penting. Di saat yang bersamaan pemasar global juga memperhatikan persamaan yang relevan serta menghindari penyesuaian yang tidak perlu dan mahal dalam program pemasaran. Budaya merupakan pengaruh yang mudah menyebarkan dan berubah pada setiap lingkungan pasar nasional. Pemasar Internasional harus mengetahui pengaruh dari budaya dan harus menyiapkan diri untuk menjawab tantangan itu atau mengubahnya. Pemasar Internasional memiliki peran penting dalam menentukan untuk mempengaruhi kecepatan tingkat perubahan di seluruh dunia.

d)      Lingkungan IPTEK internasional

        Globalisasi membuat manusia untuk bergerak lebih cepat dalam beberapa bidang contohnya seperti bidang teknologi. Teknologi mulai muncul dengan bentuk dan fasilitas yang bervariasi seperti apple dan Samsung yang semakin canggih, karena banyak manusia yang menggunakannya untuk aktifitas keseharian, sebagai alat komunikasi yang mudah digenggam dan lain-lain. Perkembangan teknologi tidak hanya ditemukan di alat komunikasi saja, bahkan ditemukan pada transportasi. Otomotif yang semakin canggih kegunaannya, atau bahkan transportasi umum yang begitu canggih hinggga dapat mendeteksi manusia. Perkembangan teknologi ini juga membuat para produsen untuk mengembangkan produk-produk yang dapat dihasilkan bahkan disisi buruknya, merusak alam dengan kecanggihan teknologi pada era ini. Hal ini dapat memengaruhi banyak negara bahkan secara keseluruhan dapat menyebabkan dampak-dampak tertentu.

    Setelah mengetahui lingkungan pasar dari negara yang akan dituju maka kita bisa mulai menetukan strategi masuk pasar asing. Banyak pebisnis tentunya ingin produk atau brand asli Indonesia memasuki pasar internasional. Tentu pelaku bisnis yang berpengalaman akan memperluas cakupan pasar dan koneksinya secara internasional, makin besar cakupan pemasaran semakin baik. Memasuki pasar dengan jangkauan internasional memang tidaklah mudah, selain banyaknya kompetitor, jangakauan konsumen yang terlalu luas membuat Anda harus memastikan target pasar Anda sebenarnya. namun bukan berarti tidak mungkin. Pasar global masih memiliki potensi yang sangat baik bagi Anda untuk memasarkan produk atau layanan Anda. Pastikan Anda memanfaatkan seluruh potensi ini dengan strategi yang matang dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Berikut adalah beberapa cara yang harus dilakukan pebisnis untuk bertahan dan memasuki pasar global dengan performa yang baik.
a)    Pelajari regulasi dan persyaratan
b)      Melakukan riset untuk pasar baru
c)      Buat rencana yang matang
d)      Memilih cara penetrasi pasar yang tepat

Strategi Produk Skincare Local “SOMETHINC” Mampu Menempus Pasar Internasional

    Sebuah merek bisa menembus pasar internasional meskipun merek tersebut terhitung baru. Hal ini yang sedang diupayakan oleh merek kecantikan Somethinc. Keinginan  Somethinc masuk pasar internasional karena sudah yakin dengan kualitas produknya. Irene pemilik brand somethinc mengatakan, masyarakat Indonesia jangan meremehkan merek lokal dan tidak terlalu membanggakan merek asing. Yang membanggakan lagi, tahun 2020 ini Somethinc pun memulai debut go international dengan membuka website sendiri serta menyediakan free shipping ke seluruh negara. Beberapa waktu lalu Katadata merilis top 50 brand Indonesia tahun 2020. Pemeringkatan merek berdasarkan survei tersebut cukup menyita perhatian, karena merek Somethinc yang baru berumur satu tahun masuk dalam jajaran top 50 brand.

            Setelah mampu memasuki pasar asing, tahap selanjutnya yang harus dilakukan suatu perusahaan adalah melakukan standarisasi dan adaptasi produk disuatu wilayah atau negara yang akan dituju. Kebijakan standarisasi produk dapat dilakukan oleh perusahaan berkenaan dengan adanya kesempatan dan menurunnya hambatan perdagangan di tingkat dunia. Selain itu standarisasi produk bisa juga disebabkan karena adanya kesamaan kebutuhan dan kesamaan selera konsumen yang semakin meningkat. Walaupun sifat produk seperti barang konsumen tahan lama (misalnya TV, kamera, VCR, mobil dsb) memiliki peluang lebih baik di standarisasi dibandingkan barang tidak tahan lama (produk segar hortikultura, makanan, minuman, barang-barang kebutuhan pribadi, pembersih rumah tangga dan konveksi) secara tradisional belum merupakan calon yang baik untuk standarisasi. Namun adanya selera konsumen yang seragam di banyak negara maka produk konsumen tidak tahan lama tersebut juga dapat distandarisasi. Biasanya menurunnya hambatan perdagangan internasional lebih disukai oleh banyak perusahaan atau pelaku usaha dalam menerapkan strategi pemasaran terstandarisasi. Hal ini disebabkan adanya pengaruh dari media massa, khususnya televisi dalam menayangkan atau melakukan siaran langsung program-program yang sama secara terus menerus tanpa melihat kebangsaan konsumen, siaran tersebut akan mempengaruhi keinginan konsumen terhadap jenis produk yang sama dan memiliki gaya hidup yang pada dasarnya sama. Dengan demikian pemilihan kebijakan standarisasi produk dapat juga dipengaruhi oleh faktor perkembangan komunikasi internasional yang semakin maju dan meningkatnya tekanan biaya.

            Sedangkan kebijakan adaptasi umumnya dipengaruhi oleh lokalisasi atau lingkungan nasionalnya. Pemilihan kebijakan adaptasi didasarkan pada kaidah bahwa produk harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan negara yang bersangkutan karena perbedaan lingkungan, khususnya budaya. Contoh desain kemasan produk minuman sari buah untuk orang Indonesia berbeda dibandingkan untuk orang Singapura. Dengan demikian adaptasi spesifikasi produk dapat menyangkut perubahan pada produk dan kemasan di setiap negara. Keuntungan pemilihan kebijakan adaptasi produk dapat membuat produk lebih menarik untuk konsumen lokal, namun perubahan-perubahan itu umumnya akan mendorong biaya variabel yang lebih tinggi. Pada beberapa perusahaan kedua kebijakan di atas tidak diterapkan secara dikotomis, melainkan ada tingkat standarisasi sebagaimana adapula tingkat adaptasinya. Yang penting adalah orientasi global dari manajemen yang tercermin dalam rencana pemasaran yang menekankan standarisasi sepanjang hal itu efisien dalam biaya dan diterima secara budaya.

            Contoh standarisasi dan adaptasi produk di suatu negara yaitu menu Mcd di Thailand. Menu MCD yang ada di Thailand memiliki perbedaan dibandingkan dengan MCD yang ada di Indonesia maupun di negara lain. Di MCD Thailand disediakan menu nasi kaprao yang hanya tersedia di negara Thailand saja. Nasi kaprao atau biasa disebut Phat Kaprao adalah salah satu hidangan Thailand yang paling populer. Phat Kaprao dimasukkan sebagai bagian dari mandat budaya Thailand oleh Perdana Menteri semasa Perang Dunia II. Phat Kaprao, adalah salah satu hidangan yang digalakkan dalam pertandingan makanan Thai tempatan. Phat kaprao terdiri daripada daging seperti daging babi, ayam, daging lembu, dan makanan laut yang digoreng dengan daun kemangi dan bawang putih. Ia dihidangkan dengan nasi dan telur goreng atau khai dao. Bahan utama adalah kicap, saos ikan Thai, saos tiram (pilihan), gula, dan cili padi.

Keberhasilan produk Indonesia dalam menaklukan pasar internasional sudah tidak diragukan lagi, banyak produk produk yang mampu menembus pasar internasional. Belakangan ini bisnis fashion muslim di Indonesia terus berkembang. Bahkan tak sedikit merek-merek lokal Indonesia yang mulai melakukan ekspansi bisnis ke pasar global dan berusaha menjadikan Indonesia sebagai kiblat tren fashion muslim dunia. Harapan ini tentu harus diiringi dengan strategi menembus pasar internasional yang tidak sembarangan. Buttonscarves merupakan salah satu merek lokal Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional yang mengusung luxurious lifestyle product dengan produk utama scarf (kerudung). Berdiri di tahun 2016, Buttonscarves mengawali bisnisnya dengan menjual produk secara online melalui situs buttonscarves.com. Peluncuran produk-produk Buttonscarves ini disambut baik oleh pasar Indonesia dan terus berkembang hingga kini.

    Banyaknya permintaan juga membuat Buttonscarves memutuskan untuk membuka toko fisik dan mengekspansi bisnisnya ke luar negeri. Hingga saat ini Buttonscarves telah melakukan ekspor produknya ke negara-negara besar seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Buttonscarves tidak dapat berkembang sampai seperti sekarang tanpa keyakinan pemilik bisnis. Linda Anggreaningsih sebagai pemilik bisnis Buttonscarves percaya bahwa Indonesia memiliki potensi yang baik di pasar fashion muslim internasional. Tidak hanya itu, keberhasilan bisnis Buttonscarves juga didukung dengan strategi pasar internasional yang baik. Di bawah ini adalah beberapa strategi pasar yang dilakukan Linda dalam mengembangkan bisnisnya untuk menembus pasar internasional.

a)      Melakukan analisis pasar

b)      Membuat produk universal

c)      Up-to-date dengan segala perubahan

d)      Produk focus pada DNA merek

e)      Free shipping

f)       KOL shipping

g)      Mengelola keungan bisnis

    Selain fashion, ada juga salah satu industry jamu yang bisa menyentuh pasar  internasonal yaitu SIDOMUNCUL. Perusahaan yang bermula dari industri jamu rumahan di Semarang pada tahun 1951 ini telah menyentuh pasar ASEAN, Hong Kong, Timur Tengah, Australia, Eropa, bahkan Afrika. Sido Muncul membawa 250 produk unggulan ke pasar global, dan berhasil menjadi merk yang begitu dikenal oleh masyarakat global. Perusahaan ini mengalami proses yang panjang dalam melakukan ekspansi pasar, yang mana negara-negara lain masih memandang sebelah mata dengan kehadiran obat herbal. Namun tantangan ini bisa dikelola dengan membangun pabrik dengan standar internasional untuk food suplement dan Sido Muncul melakukan ekspansi melalui kategori tersebut.

Komentar

Posting Komentar